Pengertian dan Tingkatan Versi Android

Pengertian Android Menurut Safaat, (2015) android adalah sebuah sistem operasi untuk mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Sistem operasi yang mendasari Android dilisensikan dibawah GNU, General Public Lisence Versi 2(GPL2v2), yang sering dikenal dengan istilah “copyleft” lisensi dimana setiap perbaikan pihak ketiga harus terus jatuh dibawah terms. Android didistribusikan dibawah lisensi Apache Sofware (ASL/Apache2), yang memungkinkan untuk distribusi kedua dan seterusnya.

Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Namu pada saat ini kebanyakan vendeor-vendor smartphone sudah memproduksi smartphone berbasis Android, vendor-vendor itu antara lain HTC, Motorola, Samsung, LG, HKC, Huawei, Archos, Webstation Camangi, Dell, Nexus, SciPhone, WayteQ, Soni Ericson, LG, Acer, Philips, Nexian, IMO, Asus dan masih banyak lagi. Android dipuji sebagai “Platform mobile pertama yang lengkap, terbuka, dan bebas”.

  1. Lengkap (complete platform): para desainer dapat melakukan pendekatan yang komprehensif ketika mereka sedang mengembangkan platform Android merupakan sistem operasi yang aman dan banyak menyediakan tools dalam membngun software dan memungkinkan untuk peluang pengembangan aplikasi.
  2. Terbuka (Open Source Platform): Platform Android disediakan melalui lisensi open source. Pengembang dapat dengan bebas untuk mengembangkan aplikasi. Android sendiri menggunakan linux kernel 2.6.

Free (free platform): Android adalah platform/aplikasi yang bebas untuk develope. Tidak ada lisensi atau biaya royalti untuk dikembangkan pada platform android. Tidak ada biaya keanggotaan diperlukan. Tidak diperlukan biaya pengujian. Tidak ada kontrak yang diperlukan. Aplikasi untuk Android dapat didistrbusikan dan diperdagangkan dalam bentuk apapun. Itu tadi pengertian android yang di paparkan safaat.

Pengertian dan tingkatan versi android

Berikut Tingkatan Versi-versi OS Android :

1.Android Cupcake (Dirilis pada Tahun 2009)
Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

2.Android Donut (Dirilis Tahun 2009)
Menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

3.Android Eclair (Dirilis pada Tahun 2009)
perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

4.Android Froyo : Frozent Yoghurt (Dirilis 20 mei Tahun 2010)
Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

5.Android Gingerbread (Dirilis Tahun 2010)
Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

6.Android Honeycomb (dirilis tahun 2011)
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus.

7.Android  4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)

Membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

8.Android 4.1 Jelly Bean (Dirilis Tahun 2012)

Android Jelly Bean ini diperuntukkan untuk komputer tablet dan memungkinkan untuk digunakan pada sistem operasi PC atau Komputer. Sehingga rumornya kemunculan Android Jelly Bean ini untuk menyaingi rilis terbaru Windows 8 yang juga akan segera dirilis. Karena kita ketahui bersama perbincangan versi Android sebelumnya yaitu Android Ice Cream Sandwhich pun masih hangat di telinga.

9.Android Kitkat (Dirilis Tahun 2013)

Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google telah beberapa waktu kemarin telah meluncurkan Android v 4.4 yang diberi nama KitKat, kami telah menelisik beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada sistem operasi Android KitKat.
Berbagai fitur yang di sediakan oleh OS Android KitKat ini salah satunya adalah perbaikan sistem penyimpanan sementara pada pengunaan memori, yang mana kinerja prosesor telah di minimalisir terhadap penyimpanan registry data sementara pada RAM dan secara langsung akan di tampung oleh kapasitas memori internal yang tersedia, sehingga loading prosesor akan terasa lebih ringan. Simak secara detail dan lebih jelas tentang kelebihan dan kekurangan Android KitKat

10.Android Lolipop Versi 5.0 (Terbaru)

Penantian akan kehadiran resmi sistem operasi Android terbaru telah selesai, akhirnya Google telah merilis sistem operasi teranyarnya itu ke publik. Sistem operasi yang juga disebut sebagai Android 5.0 itu akhirnya mendapatkan nama resmi sebagai ‘Lollipop’.
Tidak hanya itu, Google juga telah merilis perangkat smartphone Nexus 6 hasil kolaborasi dengan Motorola, smartphone ini masuk ke dalam kategori phablet (smartphone dan tablet) karena memiliki ukuran layar 6 inci,  sedangkan perangkat tablet Nexus 9 juga resmi diumumkan sebagai hasil kolaborasi dengan vendor smartphone asal Taiwan yakni HTC.
Tidak hanya itu, Google menambah satu perangkat lain yang bernama Nexus Player, ini adalah sebuah perangkat media streaming yang berjalan dengan Android 5.0 Lollipop. Selain dapat digunakan sebagai perangkat media streaming, Nexus Player juga dapat menghubungkan tampilan smartphone ke pesawat televisi ketika pengguna menjalankan aplikasi game pada smartphone mereka.

Kehadiran Android 5.0 yang sebelumnya disebut sebagai Android L memang menjadi tanda tanya dikalangan pengguna Android, pasalnya, sejak sistem operasi itu diumumkan pada ajang Google I/O 2014 yang berlangsung beberapa waktu lalu, sistem Android 5.0 itu hanya disebut sebagai Android L tanpa disebutkan apa kepanjangan dari huruf L tersebut, namun kini akhirnya kita tahu bahwa L itu adalah singkatan dari Lollipop.

11. Android Marshmallow

versi android terbaru adalah Android 6.0 yang dinamakan “Marshmallow“. Google secara resmi meluncurkan Android 6.0 Marshmallow pada hari ini, Rabu (30/9/2015), di San Fransisco, Amerika Serikat. Apa saja kelebihannya? Android Marshmallow terdapat beberapa yang baru diantaranya:

  1. keamanan lebih baik dari Lollipop. Pada bagian Settings atau pengaturan, Anda bisa menemukan menu “Android security patch level,” yang diikuti keterangan tanggal yang menjelaskan waktu terakhir kali pembaruan.
  2. Fitur akses cepat ke menu pengendaian dengan suara. Caranya, sapu layar perangkat dari bawah ke arah kiri atas.
  3. Memperbaiki tampilan animasi notifikasi agar lebih konsisten.
  4. kelebihan Android Marshmallow adalah hemat dalam penggunaan perangkat batrai Anda atau lebih irit batre. Karena sistem operasi Marshmallow tersebut menghentikan proses aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  5. Tampilan aplikasi lebih dinamis karena Marshmallow mengaturnya sesuai dengan kebiasaan penggunaan Anda  seperti susunan aplikasi bisa berubah dari hari ke hari sesuai banyaknya.
  6. Mengurangi besar aplikasi bawaan yang memakan banyak ruang internal seperti versi sebelumnya.
  7. Fitur Marshmallow yang menarik adalah Now On Tap, yang intinya memperbaiki kemampuan Google Now untuk merekomendasikan berguna untuk pengguna.
  8.  Android Marshmallow menawarkan integrasi dengan perintah suara. Seperti membuka aplikasi.

Android Marshmallow akan didistribusikan mulai awal Oktober. Tentu saja, perangkat pertama yang menjadi prioritas mereka adalah Nexus, terutama seri terbaru, LG Nexus 5X dan Huawei 6P. (The Verge/Mashable)
ABE

About Ganang Julianto 252 Articles
Si Anak dari Orang Tua tersayang ingin berbagi ilmu dengan harapan bermanfaat bagi orang lain. Situs SeputarTI.Com ini sebagai salah satu media berbagi saya, khususnya dibidang TI. Salam Kenal dari saya... :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*