Cara Merekam Desktop Komputer Menjadi Video

Kali ini saya akan berbagi informasi bagaimana cara merekam aktifitas dilayar hasilnya  berupa video. Software perekam desktop yang digunakan untuk membuat sebuah tutorial adalah Camtasia Studio. Merupakan software yang digunakan untuk Capture Screen dan Record untuk  membuat sebuah video/dokumentasi Interaktif dan pembuatan media presentase yang diproduksi TechSmith.

Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop computer.  Software ini bisa kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan e-learning yaitu dengan membuat video tutorial atau pelatihan dan membuat video presentasi.
Berikut Manfaat Software Camtasia:

Camtasia Studio memiliki kemampuan untuk menyimpan videio hasil dari rekaman (record screen) dalam 3 type file setelah format dan direndering yaitu diantaranya :

  1. Menyimpan file dalam bentuk vidio yang biasanya dikenal dengan type file dengan ekstention avi, mpg, wmp. Hal ini dapat diputar dimedia player atau Quick Time, dengan program ini dapat mengatur pengoperasian vidio sesuai dengan keinginan, misalnya jika ingin mempercepat movie atau ingin kembali keawal dan lain sebaginya.
  2. Meyimpan dalam bentuk Macromedia Flash Player yang mempunyai type ekstention SWF. Pada type ini dapat dijalankan dengan program Macromedia Flash Player.
  3. Penyimpanan dalam bentuk html. Dimana dalam type ini dapat broser ke internet sehingga para peminat / pengguna media pembelajaran interaktif ini dapat mengakses lewat internet.

Untuk menggunakan software ini, kita harus mengerti terlebih dahulu beberapa Navigasi (Kontrol) Utama Dalam software perekam desktop bernama Camtasia Studio. Dalam software ini terdapat empat navigasi utama yang perlu kita pahami agar kita dapat menggunakan dan memahami software ini, navigasi utama tersebut adalah :

  1. Record (berfungsi untuk merekam aktivitas atau kegiatan pada desktop computer)
  2. Edit (berfungsi untuk mengedit hasil rekaman yang sebelumnya telah direkam pada desktop computer).
  3. Procedure (berfungsi untuk memproduksi hasil rekaman yang telah di record serta di edit sebelumnya).
  4. Share (berfungsi sebagai finishing atau hasil akhir dari ketiga poin diatas, kita bisa share hasil record yang telah dibuat ke dalam bentuk CD, DVD, MPEGA, IPOD, IPON, atau menyimpannya kedalam blog atau web yang kita punya.

Berikut Cara Menggunakan Software Perekam Desktop Komputer Camtasia Studio :

  1. Klik “record the screen”.
  2. Drag area yang akan kita rekam, kemudian tekan tombol berwarna merah dengan nama “rec”, maka aktifitas merekam pun berlangsung sesuai keinginan user,
  3. Untuk berhenti mereka maktifitas, tekan “f10″ untuk selesai rekam.
  4. Kemudian klik save and edit dan beri nama “contoh.camrec”.
  5. Pada menu “Editing Dimensions”, atur dimensi yang anda suka lalu OK.
  6. Klik menu “produce and share“, pada bagian show me to my video anda pilih “costum production settings“, klik next.
  7. pilih format video berbentuk WMV, atau format video lainnya, kemudian klik next.
  8. Atur selera anda lebar dan tinggi pada video size,
  9. Pada video option dan Maker Option, anda lewati saja.
  10. Pada product video, isikan pada production name ”contoh”,kemudian klik finish.

DOWNLOAD SOFTWARE PEREKAM DESKTOP CAMTASIA STUDIO

About Mr.Gng 248 Articles
Si Anak dari Orang Tua tersayang ingin berbagi ilmu dengan harapan bermanfaat bagi orang lain. Situs SeputarTI.Com ini sebagai salah satu media berbagi saya, khususnya dibidang TI. Salam Kenal dari saya... :-)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*