Pengertian Database dan DBMS MySQL

Database Management System (DBMS) berisi satu koleksi data yang saling berhubungan dan satu set program untuk mengakses data tersebut.  DBMS terdiri dari Database dan Set Program pengelola untuk menambah data, menghapus data, mengambil, dan membaca data.

 Database adalah kumpulan file-file yang saling berelasi, relasi tersebut biasa ditunjukan dengan kunci dari tiap file yang ada. Satu database menunjukan satu kumpulan data/tabel yang dipakai dalam satu lingkup perusahaan, instansi. Artinya bahwa basis data adalah kumpulan data yang berhubungan dengan suatu obyek, topik atau tujuan khusus tertentu. Sebagai contoh buku telepon, kamus bahasa, katalog buku di perpustakaan, data koleksi musik dan video, data pelanggan, data supplier, data mahasiswa, data pegawai, dan lain-lain.

pengertian bdms

Dalam satu file data/tabel terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, merupakan satu kumpulan entity yang seragam. Satu record terdiri dari field-field yang saling berhubungan untuk menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan direkam dalam satu record.

Untuk menyebut isi dari field maka digunakan atribute atau merupakan judul dari satu kelompok entity tertentu, misalnya atribute Alamat menunjukan entity alamat dari siswa. Entity adalah suatu obyek yang nyata dan akan direkam.

Set program pengelola merupakan satu paket program yang dibuat agar memudahkan dan mengefisienkan pemasukan atau perekaman informasi dan pengambilan atau pembacaan informasi kedalam database, biasa disebut dengan paket DBMS. Ada beberapa macam paket DBMS, diantaranya adalah MySQL, postgresql, Foxpro, Oracle, DB2, dll.

Pengertian MySQL

MySQL adalah salah satu contoh software/paket DBMS yang sangat populer. Kepopuleran MySQL dimungkinkan karena kemudahannya untuk digunakan, cepat secara kinerja query, dan mencukupi untuk kebutuhan database perusahaan-perusahaan skala menengah-kecil.

MySQL merupakan DBMS yang bersifat client-server dan multi user. Maksudnya adalah ada software MySQL yang berjalan sebagai client, dan adapula yang berjalan sebagai server. Server berfungsi untuk memberi layanan atas permintaan yang dilakukan oleh Klien. Ada banyak user yang bisa mengakses database server secara bersamaan melalui program klien.

Oleh karena itu sebelum kita melakukan pengolahan terhadap database, maka kita harus menjalankan program Database Server MySQL terlebih dulu yang menyediakan layanan berupa data. Setelah itu kita baru bisa melakukan permintaan kepada server berupa layanan data melalui program klien. Layanan yang diberikan bisa berupa pemasukan atau perekaman informasi dan pengambilan atau pembacaan informasi ke/dari dalam database.

Berikut adalah contoh database MySQL. Terdapat sebuah tabel bernama registrasi. Dimana tabel registrasi berisi foregn key dari tabel lain. Yaitu dari tabel pendaftaran dan Siswa.

relasi antar tabel

Maka dari tabel di atas dapat disimpulkan jika tabel registrasi berelasi dengan tabel pendaftar dan siswa. Dengan begitu untuk memanggil data dari siswa dan pendaftar bisa melewati tabel registrasi.

Oke itu tadi pengertian database dan DBMS(Database Management System) dalam mysql. Semoga bermanfaat dan membantu agan dalam belajar dbms. Salam…

About Ganang Julianto 252 Articles
Si Anak dari Orang Tua tersayang ingin berbagi ilmu dengan harapan bermanfaat bagi orang lain. Situs SeputarTI.Com ini sebagai salah satu media berbagi saya, khususnya dibidang TI. Salam Kenal dari saya... :-)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*