Belajar Bootstrap untuk Pemula

Belajar bootstrap untuk pemula sebaiknya tahu pengertian bootstrap sendiri. Yang belom tahu apa itu bootstrap jangan kwatir, mari kita bahas pengertian dan kelebihan dari bootstrap sendiri. Bootstrap adalah front-end framework yang mengedapankan tampilan untuk mobile device seperti smartphone dll. Kelebihan bootstrap adalah mempercepat dan mempermudah pengembangan website versi mobile. Bootstrap menyediakan HTML, CSS dan Javascript siap pakai dan mudah untuk dikembangkan dengan mudah.

Apa keunggulan bootstrap?

Bootstrap merupakan salah satu framework yang digunakan untuk membangun sebuah web secara responsif di mobile phone. Artinya, tampilan web yang dibuat oleh bootstrap akan menyesuaikan ukuran layar dari browser yang digunakan pada smartphone, laptop, tablet, ataupun perangkat keras lainnya yang dapat mengakses halaman web. Selain responsive, bootstrap juga mempunyai fitur yang bisa diaktifkan ataupun dinon-aktifkan sesuai dengan keinginan kita sendiri. Sehingga, kita bisa membuat web untuk tampilan desktop saja dan apabila dirender oleh mobile browser maka tampilan dari web yang kita buat tidak bisa beradaptasi sesuai layar. Dengan bootstrap kita juga bisa membangun web dinamis ataupun statis sesuai kebutuhan perusahaan, profil, informasi, dan lain sebagainya.

Persiapan menggunakan bootstrap untuk pemula

Untuk memulai menggunakan Bootstrap, Kita harus mempersiapkan bahan dan tools pendukung untuk melengkapi kegiatan pembuatan web yang baik super cepat. 🙂 . Baiklah langsung saja.

  1. Download file distribusi Bootstrap

    Untuk menggunakan bootstrap, terlebih dahulu Anda harus mendownload resource file atau file distribusi yang disediakan oleh bootstrap di situs resminya getbootstrap.com. Pada halaman tersebut, terdapat tombol Download Bootstrap sebagaimana terlihat pada gambar diatas, langsung saja! klik tombol tersebut. Kemudian pilih lagi Download Bootstrap

    Setelah didownload, kemudian extract menggunakan program seperti 7zip (Gratis) atau winRAR (shareware). Sebetulnya, Anda juga bisa membuka file tersebut dengan aplikasi bawaan windows dengan cara membuka file tersebut, kemudian copy seluruh file dan paste-kan ke folder lain.

  2. Download jQuery Library untuk Offline

    Untuk bisa mengaplikasikan bootstrap component seperti modal dialog, navigation bar dan lainnya yang membutuhkan boostrap JS, Bootstrap JS juga membutuhkan jQuery library agar bisa berjalan normal. Bootstrap tidak menyertakan jQuery di dalam file download-nya untuk itu, kita harus mendownloadnya secara terpisah. Hal ini dilakukan agar kita bisa bekerja dan menggunakannya secara offline (tanpa koneksi internet). Silahkan download jQuery library dengan menuju situs resmi jQuery Download, pilih jQuery 1.x kemudian, download dengan mengklik link Download the compressed, production jQuery 1.11.1

  3. Install code editor

    Code editor penting sekali untuk memanipulasi file yang akan kita kembangkan khususnya file HTML, CSS dan Javascript sebagaimana file tersebut terdapat pada bootstrap. Anda juga bisa menggunakan Cobalah Editor dari kami yang dibuat untuk tes atau uji coba kode. Jangan pernah menggunakan Word processor (Microsoft Word, dll) ataupun notepad untuk memanipulasi file-file tersebut. Karena aplikasi tersebut tidak cocok dan terdapat banyak kekurangan yang akan membingungkan kita sendiri nantinya.

    Ada banyak sekali code editor yang tersebar di internet yang dapat kita gunakan baik yang gratis maupun yang berbayar. Sebagai pemula, mungkin kita bisa memulai dengan menggunakan Notepad++. Aplikasi ini gratis dan banyak digunakan oleh developer. Download aplikasi Notepad++

Memulai Belajar Bootstrap

Setelah semua dipersiapkan saatnya memulai untuk belajar bootstrap. Baik, ikuti tahap-tahapnya berikut ini:

  1. Buat Folder BaruBuatlah folder baru, beri nama misalkan “Belajar_Bootstrap”.
  2. Copy seluruh file Bootstrap ke dalam Folder Baru Tersebut

    Copy folder css, fonts dan js yang ada pada Bootstrap yang telah kita download tadi, ke dalam folder baru tersebut (Belajar_Bootstrap)

  3. Copy file jQuery ke dalam folder js

    Copy dan Gabungkan file jquery-1.11.1.min.js yang telah kita download kedalam folder js punya bootstrap tadi, hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pembelajaran.

  4. Buat file html

    Buat file baru dengan notepadd++ kemudian copy code snippet yang saya sediakan dibawah ini, kemudian save dan berilah nama seperti: index.html atau default.html dan simpanlah file tersebut ke folder “Belajar_Bootstrap” yang telah dibuat diatas. Berikut kode bootstrap:

<!DOCTYPE html>
<html lang=”en”>
<head>
<meta charset=”utf-8″>
<meta http-equiv=”X-UA-Compatible” content=”IE=edge”>
<meta name=”viewport” content=”width=device-width, initial-scale=1″>
<title>Bootstrap 3.3.0 Starter Template – by dul.web.id</title>

<!– Bootstrap –>
<link href=”css/bootstrap.min.css” rel=”stylesheet”>

<!– HTML5 Shim and Respond.js IE8 support of HTML5 elements and media queries –>
<!– WARNING: Respond.js doesn’t work if you view the page via file:// –>
<!–[if lt IE 9]>
<script src=”https://oss.maxcdn.com/html5shiv/3.7.2/html5shiv.min.js”></script>
<script src=”https://oss.maxcdn.com/respond/1.4.2/respond.min.js”></script>
<![endif]–>
</head>
<body>
<!– AWAL CONTENT  — hapus dari sini kebawah (sampai AKHIR CONTENT) –>
<div class=”container”>
<h1>Apa Kabar Dunia?</h1>
<!– Small modal –>
<button class=”btn btn-danger” data-toggle=”modal” data-target=”.bs-example-modal-sm”>Klik Aku</button>

<div class=”modal fade bs-example-modal-sm” tabindex=”-1″ role=”dialog” aria-labelledby=”mySmallModalLabel” aria-hidden=”true”>
<div class=”modal-dialog modal-sm”>
<div class=”modal-content”>

<div class=”modal-header”>
<button type=”button” class=”close” data-dismiss=”modal”><span aria-hidden=”true”>×</span><span class=”sr-only”>Close</span></button>
<h4 class=”modal-title” id=”mySmallModalLabel”>Small modal</h4>
</div>
<div class=”modal-body”>
Hai… salam kenal dari <strong>dul</strong>. Jika dialog ini muncul dan Anda bisa baca tulisan ini berarti Bootstrap berhasil di load dan terintegrasi dengan baik. Selamat Belajar
</div>
</div>
</div>
</div>
</div>

<!– AKHIR CONTENT – dari sini kebawah jgn dihapus –>
<!– jQuery (necessary for Bootstrap’s JavaScript plugins) –>
<script src=”js/jquery-1.11.1.min.js”></script>
<!– Include all compiled plugins (below), or include individual files as needed –>
<script src=”js/bootstrap.min.js”></script>
</body>
</html>

Uji coba Bootstrap

Buka file html yang telah dibuat dengan code snippet diatas, buka dengan browser terbaru misalkan Google Chrome atau Firefox, jangan gunakan internet explorer. Jika file Bootstrap.css berhasil diload maka tombol button akan memiliki style ala bootstrap seperti ini:

Kita coba lagi apakah bootstrap.js berhasil di load dengan cara mengklik tombol

tersebut. Apabila muncul dialog box, maka bootstrap.js berhasil di load dan siap digunakan sebagai template. Gunakan template ini untuk setiap materi pembelajaran bootstrap dan hapuslah AWAL CONTENT sampai AKHIR CONTENT untuk memulai file baru kosong tanpa konten

Langkah Selanjutnya pelajar bootstrap?

Langkah selanjutnya mungkin Anda harus sering-sering mengunjungi situs resmi bootstrap di getbootstrap.com dan mempelajari dokumentasi yang telah disediakan. disini, kami sediakan tutorial bootstrap berbahasa Indonesia secara bertahap. Nantikan Artikel menarik lainnya mengenai Bootstrap.

About Mr.Gng 247 Articles
Si Anak dari Orang Tua tersayang ingin berbagi ilmu dengan harapan bermanfaat bagi orang lain. Situs SeputarTI.Com ini sebagai salah satu media berbagi saya, khususnya dibidang TI. Salam Kenal dari saya... :-)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*