Cara Membuat Frameset Cols HTML

Frameset Cols di HTML atau frameset html tag kolom pada html dasar digunakan untuk membuat sebuah jendelan pada web browser yang menampilkan lebih dari satu windows/halaman html yang dibagi secara vertical/kolom. Hal ini berlainan dengan membuat frameset rows yang secara vertikal. Misalkan kita mempunyai 3 dokumen html yang akan ditampilkan pada satu jendela saja. Dalam artian, kita bisa membuka beberapa halaman web html yang berbeda dalam satu jendela di web browser. Langkah pertama kita buat halaman utama untuk frameset cols dengan kode html berikut:

<html>

<frameset rows=”25%,50%,25%”>

<FRAME src=”frame1.html”>

<FRAME src=”frame2.html”>

<FRAME src=”frame3.html”>

</frame>

</html>

Selanjutnya kita simpan kode html di atas dengan nama framesetcols.html. Maksudnya kita memanggil 3 halaman html dengan nama file frame1.html, frame2.html, dan frame3.html. Seperti contoh kode di atas, maka kita telah mensetting frame1.html dengan 25%, frame2.html 50%,dan frame3.html 25%. Jadi totalnya adalah 100% sesuai ukuran windows.

Oke, berikutnya kita membuat 3 halaman html yang akan ditampilkan oleh frame.php. berikut kode html untuk frameset cols yang di tampilkan:

<html>
<head>
<title>belajar frameset cols html </title>
</head>
<body>
<h1>Halaman html no 1 pada frameset cols</h1>
</body>
</html>

Nah, selanjutnya kita save kode di atas dengan nama frame1.html dan save as lagi dengan nama frame2.html, frame3.html. Ingat 3 file ini yang nantinya akan ditampilkan pada halaman utama frame.html awal tadi. Selanjutnya kita coba jalankan file frame.html dengan open with firefox, atau web browser lainnya. maka hasilnya seperti ini:

frameset coloms pada html

Sedikit tambahan, dalam membuat frameset cols html, untuk ukuran yang diberikan bisa diganti dengan tanda bintang atau *. Yang artinya ukuran yang tersisa dari yang digunakan. Contohnya penulisan frameset cols html dengan * adalah:

<html>
<frameset cols=”25%,50%,*”>
<FRAME src=”frame1.html”>
<FRAME src=”frame2.html”>
<FRAME src=”frame3.html”>
</frame>
</html>

Maka, hasil setelah dijalan frame.html di atas akan sama dengan yang berikan 25%. karena sisa dari 100%-(25%+50%)=25%. Nah demikian sharing saya tentang membuat frame set cols pada html dengan contoh hasil halamannya. Sebaiknya anda juga membaca artikel saya tentang bagaimana cara membuat frameset rows pada html juga. semoga bermanfaat bagi saya dan anda. oke…Untuk melihat cara pembuatan frameset cols bisa baca artikel berikut.


Si Anak dari Orang Tua tersayang ingin berbagi ilmu dengan harapan bermanfaat bagi orang lain. Situs SeputarTI.Com ini sebagai salah satu media berbagi saya, khususnya dibidang TI. Salam Kenal dari saya... :-)

No comments.

Leave a Reply