Jenis-jenis Shot Pengambilan Gambar

Seputar Multimedia | Dalam teknik pengambilan gambar dengan kamera, maka alangkah baiknya kita mengerti sudut-sudut pengambilan gambar. Ada beberapa sudut pengambilan gambar, mulai extreme close up, close up, full shot, sampai extreme long shot. Berikut macam-macam shot dan sudut pengambilan gambare:
a. Extreme Long Shot/wide shot
Jenis Shot/sudut pengambilan gambar yang digunakan untuk mengambil gambar yang sangat jauh, panjang luas, dan berdimensi lebar, diambil dari area yang sangat luas untuk menggambarkan atmosfir dan lingkungan tempat kejadian, subjek terlihat sangat kecil pada frame, sehingga benar benar tidak dapat dikenali, ukuran figure lebih kecil dari 1/6 dari ketinggian frame, meskipun demikian masih bias menginformasikan bahwa subjek adalah manusia,walaupun tidak dapat dibedakan atara pria dan wanita. Contoh Jenis Shot pengambilan gambar pemandangan pegunungan, Pemandangan di Sawah, Perkotaan,dll.
b. Very Long shot
Teknik pengambilan gambar dimana objek seperti manusia terlihat 1/3 dari ketinggian frame. Subjek mulai terlihat jenis kelaminnya. Aktivitas mulai terlihat meski tidak jelas.
c. Long shot/full shot,
Jenis Long ShotJenis shot pengambilan gambar ini dikenal sebagai landscape format, gambar seutuhnya diambil dari bawah sampai atas setinggi frame/kurang sedikit. Misalnya seseorang yang di foto terlihat dari bagian sepatu sampai kepalanya.
d. Medium Long Shot (Knee Shot),
Medium Long Shot
Medium Long Shot
Jenis shot pertama yang melakukan pemotongan tubuh objek sebatas dari lutut sampai kepala, untuk pengambilan diatas/bawah lutut tergantung jenis kelamin/ pakaian yang dipakai subjek, sedangkan untuk objek bergerak diapaki gambar dibawah lutut.
e. Medium Shot/ portrait format atau pas photo
medium shotSudut pengambilan gambar mulai dari perut sampai dengan kepala.
f. Medium Close Up
medium closeupJenis pengambilan gambar dimana objek seseorang terlihat dari Dada sampai dengan kepala. Biasa

g. Big Close Up
big closeupJenis sudut pengambilan gambar ini bisa dikatakan lebih dekat daripada medium, yaitu sebatas bahu sampai kepala pada objek manusia,dll.
g. Extreme close up
extream closeupJenis shot ini bisa dikatakan detail pada bagian objek seperti mulut, mata, hidung, telinga dll.
h. OSS (Over Shoulder Shot) Pengambilan gambar di mana kamera berada di belakang bahu salah satu pelaku, dan bahu si pelaku tampak atau kelihatan dalam frame. Objek utama tampak menghadap kamera dengan latar depan bahu bertentangan.
i. Two Shot Jenis shot dimana Shot yang menampilkan dua orang.
About Ganang Julianto 252 Articles
Si Anak dari Orang Tua tersayang ingin berbagi ilmu dengan harapan bermanfaat bagi orang lain. Situs SeputarTI.Com ini sebagai salah satu media berbagi saya, khususnya dibidang TI. Salam Kenal dari saya... :-)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*