Mengelola Database MySQL

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu mengenai pengelolaan database mysql. Tujuannya agar kita mengetahui dan Mengenal Bahasa SQL beserta pembagiannya, bisa menggunakan Bahasa SQL, dan juga mengenal dan Menggunakan Sub Bahasa DDL (Data Definition Language). Tetapi alangkah baikknya sebelumnya kita tahu pengertian dari database dan MySQL itu sendiri pada postingan sebelumnya.

mengelola database mysql

Dalam mengelola database MySQL, Sebelum kita membuat suatu tabel yang digunakan untuk menyimpan data, maka harus terlebih dahulu dibuat database yang merupakan kumpulan atau berisi tabel-tabel yang saling berhubungan dengan menggunakan kunci-kunci yang ditentukan. Tapi bagaimana caranya memerintahkan mysql untuk membuat database, tabel, dan lainnya yang kita perlukan.

Untuk itu kita perlu untuk mempelajari bahasa gaul yang akan digunakan untuk berkomunikasi dengan MySQL. Bahasa ini disebut dengan SQL (Structured Query Language) dan orang sering mengakronimnya dengan “sequel”. SQL merupakan bahasa standar untuk pengolahan database. Ini berarti bahwa DBMS yang lain juga mengenal bahasa gaul ini. Walau ada beberapa istilah yang di salah satu DBMS tidak dikenal, tapi dikenal di DBMS yang lain.

Di dalam bahasa SQL, perintah dibedakan menjadi 3 sub bahasa:

  1. DDL (Data Definition Language)
  2. DML (Data Manipulation Language)
  3. DCL (Data Control Language)

Data Definition Language

Kelompok perintah ini bisa digunakan untuk melakukan pendefinisian database dan pendefinisian tabel. Sehingga dengan menggunakan perintah-perintah ini, kita bisa memerintahkan untuk membuat database, membuat tabel, mengubah strukturnya, menghapus tabel, membuat index tabel dan lain-lain yang berhubungan dengan pendefinisian database dan tabel.

Cara Menjalankan MySQL

Untuk kali saya menggunaka XAMPP versi 1.7.4. kita ketahui dengan aplikasi XAMPP, atau WAMP kita sudah diberi layanan untuk menjalankan apache, mysql, ftp,dll. Jadi untuk belajar PHP dan Mysql sangat cocok digunakan.

Pastikan XAMPP sudah diinstal pada komputer. Buka XAMPP control panel. Lalu Start Aphace dan MySQL.

XAMPP control panel

Kemudian Buka command prompt atau tekan windows+r ketik cmd-> ok. setelah itu muncul dialog hitam dengan tulisan putih/terminal. Lalu ketik “cd..” sampai C:\>_. ketik : “cd xampp\mysql\bin” dan perintah menjalankan mysql dengan ketik “mysql -hlocalhost -uroot -p” enter. Maka kita masuk pada mysql, dan untuk melihat database yang ada ketik “mysql> show databases;”.

show databases mysql

Membuat Database

Dalam pembuatan database perlu perhatikan  penulisan nama database tidak boleh menggunakan spasi dan karakter non standar. Bentuk penulisan perintah untuk membuat database  baru adalah create database <nama_database>;

 mysql> create database perpus;

Jika berhasil maka ada tulisa “Query OK, 1 row affected (0.00 sec)”. Untuk memastikanya, kita ketik show databases lagi.

 Membuat Tabel

Selanjutnya untuk memulai membuat tabel di dalam database perpus, maka kita harus mengaktifkan terlebih dulu database perpustakaan dengan menggunakan perintah use <nama_database>.

mysql> use perpus;

Setelah database aktif, kita baru bisa memulai untuk membuat tabel yang kita perlukan. Pada database perpustakaan, akan disimpan data-data tentang buku, judul buku, kelompok buku, pengarang, dan penerbitnya. Selain itu juga untuk menyimpan data anggota beserta transaksi yang dilakukan.

Pertama kali, kita akan membuat tabel buku yang fungsinya untuk menyimpan data tentang buku.

mysql> create table buku (
-> id_buku bigint(5) NOT NULL auto_increment primary key,
-> index_buku varchar(15) NOT NULL default ”,
-> no_urut integer(3) default 0,
-> referensi integer(1));

untuk melihat tabel, dengan cara “show tables;”. Dan table buku akan terlihat. Dan untuk melihat field/atributenya bisa ketik “describe buku;”

mysql> describe buku;

Maka akan muncul field dari tabel buku beserta type datanya.

melihat tabel mysql

Oke, Untuk pembahasan selanjutnya silahkan Baca Disini :

  1. Merubah dan Memodifikasi Tabel
  2. Merubah Nama Field
  3. Menambah Field
  4. Menghapus Field
  5. Merubah Nama Tabel
  6. Menghapus Table dan Database
  7. Menghapus Tabel
  8. Menghapus Database

 

About Ganang Julianto 252 Articles
Si Anak dari Orang Tua tersayang ingin berbagi ilmu dengan harapan bermanfaat bagi orang lain. Situs SeputarTI.Com ini sebagai salah satu media berbagi saya, khususnya dibidang TI. Salam Kenal dari saya... :-)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*