Ternary Operator pada PHP

Seputar PHP dengan judul sharing Ternary Operator. Dalam bahasa pemrograman PHP, untuk membangun sebuah website kita sering memakai percabangan seperti if, switch dan perulangan seperti for, while, do while dan lain bentuk array untuk menyimpan data lebih dari satu. Kali ini saya akan membahasa mengenai ternary operator yang perlu kita pahami agar lebih rapi, keren, cepat, ringkas dengan fungsi yang sama dengan percabangan if/else. Sebuah bagian penting dari pemrograman mengevaluasi suatu kondisi menggunakan if/else untuk kasus pernyataan.  Dengan adanya operator ternary pada PHP yang banyak menjadi ringkas. Berikut contoh penggunaan ternary operator. Saya misalnya kode berikut ini untuk menentukan variabel peringatan pada suatu kondisi.

$alert = “”;
$pesan = “Halo salam kenal”;
$alert = $pesan != “”?”Pesan Anda masuk”: “Pesan tidak masuk”;
echo $alert;

dari contoh ternary operator php di atas, jika kita jalankan maka hasilnya ada adalah ” Pesan Anda masuk “. Kok Bisa? Iya karena pada ternary operator sebenarnya bentuk percabangan if biasa di buat singkat.

Jika tanpa ternary operator maka panjang banget gaes, seperti ini jadinya:

$alert = $pesan != “”?”Pesan Anda masuk”: “Pesan tidak masuk”;

Sama Dengan =

if ($pesan != “”){
$alert = “Pesan Anda masuk”;
}
else {
$alert = “Pesan tidak masuk”;
}

Gimana, ngabisin banyak tempat bukan? itu contoh penggunaan ternary operator php sederhana.

Kita liat contoh mudahnya:

$hasil = 100 > 80 ? true :false;

Dari bentuk contoh ternary operator sederhana diatas dapat kita simpulkan bahwa, jika kondisi terpenuhi(100>80) maka nilai true akan di letakkan di variable $hasil. Jika kondisi tidak terpenuhi atau kondisi menjadi (100<80), maka nilai false akan di tempatkan di $hasil. Cukup jelaskah? Hik….!

Oke, kita masuk pada pembahasan ke lapangannya saja. Ternary Operator jika kita pakai untuk cek sebuah form isi an seperti komentar contohnya. Kita bisa lebih ringkas dan rapi, keren juga. he…

Contoh penggunaan ternary operator untuk form isi-an.

<?php
$username= isset($_POST[‘user’]) ? $_POST[‘user’] : ”;
?>

Jika form input dengan name=’user’ terdapat isinya, maka var $username nilainya data yang di input $_POST[‘user’] , jika kosong maka $username tidak menyimpan data/kosong. isset digunakan jika form belom di submit tidak menimbulkan error seperti

Undefined index: nama in C:\xampp\htdocs\coba\ternary.php on line 2

Sekian sharing saya tentang ternary operator pada PHP. Semoga bermanfaat.

About Mr.Gng 247 Articles
Si Anak dari Orang Tua tersayang ingin berbagi ilmu dengan harapan bermanfaat bagi orang lain. Situs SeputarTI.Com ini sebagai salah satu media berbagi saya, khususnya dibidang TI. Salam Kenal dari saya... :-)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*