Cara Install Plugin WordPress

install plugin wordpress dashboard

SeputarTI.Com | Sebagai pemilik web dengan CMS WordPress, tentu bagi pengguna lama tidaklah sulit untuk menginstall sebuah plugin wordpress lewat dashboard. Akan tetapi bagi pemilik web baru pasti merasa kebingungan cara install plugin wordpress. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian serta alasan kenapa kita harus install plugin wordpress. Mari kita semak penjelasan tentang plugin pada CMS wordpress.

Menurut en.wikipedia.org pengertian Plug-in:

Plug-in (plugin, addin, add-in, addon, add-on, snap-in atau snapin) terdiri dari program computer yang berinteraksi dengan host sebuah aplikasi (misalnya, web browser, email client, dll) dalam menyediakan fungsi tambahan yang tertentu dan sangat spesifik.

install plugin wordpress

Nah dilihat dari pengertiannya kita tahu bahwa sebuah plugin mempunyai fungsi tambahan. Sama halnya dengan CMS wordpress, mempunyai banyak sekali fungsi tambah yang disebut plugin. Karena bersifat open source, plugin wordpress banyak sekali pengembangnya. Lalu apa fungsi tambah pada CMS WordPress? Alasan kenapa kita harus install plugin wordpress.

Beberapa Fungsi plugin wordpress antara lain adalah:

  • Membuat fitur baru yang belum terlihat oleh pengguna wordpress secara default. Seperti halnya related post, SEO untuk optimalisasi atikel, Sitemap, Populer Post, slideshow gambar, ecommerce untuk penjualan, dll. Maka akan semakin lengkap fitur sesuai kebutuhan pemilik.

  • Optimalisasi tampilan website. Dengan penambahan plugin, maka halaman website semakin menarik, dan membuat pengunjung betah dalam menggali artikel2 kita. Tentu page view akan bertambah.

  • Optimalisasi isi artikel. Artinya dengan install plugin seperti wordpress SEO, All In One Seo Pack, dll maka kita bisa tahu bobot artikel kita apakah SEO friendly atau belom. Dan juga seperti halnya plugin “count per day” kita bisa tahu statistik artikel yang laris dan tidak untuk dijadikan referensi artikel selanjutnya.

  • Mengurangi ukuran aplikasi wordpress baik dari segi kapasitas, bandwith yang digunakan, dll.

  • Membantu kita dalam mempromosikan web atau mendekatkan kita dengan pengunjung. Bisa dibilang seperti plugin media sosial facebook, twitter, dll.

Itu tadi beberapa fungsi plugin wordpress yang menjadi alasan kita wajib memasangnya. Oke, langsung saja pada pembahasan cara install plugin wordpress bagi pengguna baru. Untuk install plugin wordpress ada dua cara, Bisa install plugin melalui dashboard dan juga bisa install melalui download upload dari situs https://wordpress.org/plugins ke hosting kita. Namun kebanyakan memilih install plugin wordpress melalui dashboard karena lebih mudah dan cepat. Dan kebanyakan plugin yang di upload sendiri itu berbayar atau plugin premium dimana tidak tersedia di situs resminya wordpress.

A. Cara Install Plugin WordPress melalui Dashboard :

Langsung saja kita bahas langkah-langkah install plugin wordpress melalui halaman dashboard yang lebih mudah.

  • Pertama login dahulu ke halaman admin/dashboard wordpress.
  • Setelah selesai proses autentifikasi dan masuk halaman dashboard, mari kita lihat menu-menu sebelah kiri halaman.
  • Letakkan Cursor pada menu “Plugins”, maka akan muncul 3 sub menu. Pilih saja “Add New”.

install plugin wordpress

  • Setelah muncul halaman add new plugin wordpress, maka kita tinggal tulis kata kunci untuk mencari plugin yang kita butuhkan. Saya contohkan akan install plugin untuk “popular post“. Ketik lalu klik Tulis kata kunci yang kira-kira berhubungan dengan yang di inginkan, misal “SEO”. Lanjutkan dengan klik tombol Search Plugins.install plugin wordpress
  • Akan keluar daftar plugin yang berhubungan dengan kata popular post , untuk install plugin wordpress tersebut maka kita tinggal pilih salah satunya. Lebih baik pilih yang paling favorit bintangnya.
  • install plugin wordpress dashboardNah, untuk install plugin wordpress yang dipilih dengan klik “install now”. Klik Ok jika ada peringatan. Tunggu sampai proses install selesai.
  • Jika sudah selesai install plugin, maka akan diarahkan ke halaman plugin. Untuk mengaktifkan plugin wordpress cukup klik pada “Active Plugin”.install plugin wordpress
  • Cara install plugin wordpress pertama sudah selesai.

B. Cara Install Plugin WordPress melalui download upload

Untuk menginstall plugin melalui download upload saya contohkan bahwa Anda sudah membeli plugin premium dalam bentuk zip.

  • Login ke halaman admin seperti biasa.
  • Pilih menu plugin->klik Add New.
  • Nah, pada halaman add new sebelah atas kita klik Upload.

install plugin wordpress

 

  • Jika sudah muncul halaman upload plugin, klik tombol browse dan pilih plugin. lalu klik Install Now. Pastikan file plugin dalam bentul zip.
  • Klik Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut.

install plugin wordpress

  • Oke, cara install plugin dengan upload sudah selesai.

Semoga artikel ini bermanfaat, sampai disini dulu sharing kali ini tentang cara install plugin wordpress melalui dashboard dan upload.

About Mr.Gng 247 Articles
Si Anak dari Orang Tua tersayang ingin berbagi ilmu dengan harapan bermanfaat bagi orang lain. Situs SeputarTI.Com ini sebagai salah satu media berbagi saya, khususnya dibidang TI. Salam Kenal dari saya... :-)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*